-->

TIPS & TRIK EFEKTIFKAN GOOGLE

Secara umum untuk mempergunakan google sebagai mesin pencari kita tinggal mengakses melalui google.com. Di kota pencarian kita tinggal menulis kata yang berhubungan dengan yang kita cari kemudian tekan enter

Selain masuk dulu ke google.com, anda pun bisa mempergunakan kotak pencarian google yang ada di situs blog ini. tempatnya di sebelah kanan atas berwarna hitam. Anda tinggal menuliskan apa yang anda cari di kotak itu,kemudian tekan enter. Anda akan dibawa ke sistem pencarian google.

Setelah google selesai mencari anda akan mendapat berbagai pilihan situs yang menyajikan informasi yang anda cari. Anda tinggal klik pada situs yang anda pilih. Anda akan dibawa ke situs tersebut.

Untuk hal-hal tertentu, anda dapat mempergunakan beberapa trik untuk membuat google mencari dengan lebih efektif :

* Mencari definisi ;Untuk mencari sebuah definisi anda dapat menempuh dua cara. Pertama anda ketik pada kotak pencari kata yang anda maksud ditambah kata adalah (misalnya anda mencari definisi sepakbola, maka anda ketik di kotak pencari sepakbola adalah).Cara kedua anda bisa ketik define:sepakbola di kotak pencari.

* Mencari artikel di situs tertentu ; Untuk mencari artikel di situs tertentu anda bisa ketik artikel yang anda cari site:situs yang anda maksud. Misalnya anda mencari artikel tsunami Aceh di situs kompas, maka anda ketik di kotak pencari tsunami Aceh site:www.kompas.com.

* Mencari barang dengan harga tertentu ;Untuk mencari barang dengan rentang harga tertentu kita bisa ketik nama barang harga minimal…harga maksimal. Misalkan anda mencari printer Hp deskjet seharga antara $ 40 sampai $ 100 anda ketik di kotak pencari HP Deskjet $40…$100.

* Menghitung populasi ; Untuk mendapatkan informasi populasi atau jumlah penduduk di satu daerah anda bisa ketik di kotak pencari populasi of nama daerah.

* Mencari tanggal lahir, tanggal kematian, temapat lahir ; Untuk mencari tanggal lahir seseorang anda tulis di kotak pencari nama orang – Date of Birth. Misal anda mencari tanggal lahir Imam Al-Ghazali anda ketik Imam Al-Ghazali – Date of Birth.Untuk mencari tanggal kematian (wafat) seseorang anda tinggal ganti kata Birth menjadi Death.Untuk mencari tempat kelahiran seseorang anda ganti kata Date menjadi Place.

* Mencari file berformat tertentuUntuk mencari file dengan format tertentu anda ketik di kotak pencari nama dokumen filetype:jenis format file. Misalkan anda mencari dokumen marketing dengan jenis file ppt (untuk power point), maka anda ketik marketing filetype:ppt.