-->

Presiden Besok Akan Tinjau Jembatan Nasional Suramadu

Presiden Besok Akan Tinjau Jembatan Nasional Suramadu

suarasurabaya.net| SUSILO BAMBANG YUDHOYONO Presiden RI, Jumat (22/05) akan meninjau pembangunan akhir jembatan Surabaya Madura (Suramadu) yang rencananya diresmikan 10 Juni mendatang.

nformasi dari Biro Pers Istana seperti dikutip Antara, Kamis (21/05) menyebutkan, Presiden yang didampingi Ibu ANI YUDHOYONO berangkat menuju Surabaya melalui Lanud Halim Perdanakusuma Kamis siang.

Tiba di Surabaya pada pukul 15.25 WIB, Presiden hanya akan melakukan acara internal hingga malam.

Jumat pagi, Presiden akan menuju kantor proyek pembangunan Suramadu dan akan disambut DJOKO KIRMANTO Menteri Pekerjaan Umum dan BAMBANG DWI HARTONO Walikota Surabaya.

Usai menerima paparan kemajuan pembangunan Suramadu, Presiden akan meninjau langsung ke lokasi jembatan tersebut didampingi SOEKARWO Gubernur Jatim.

Setelah peninjauan, presiden akan melakukan shalat Jumat di Masjid Sunan Ampel Surabaya, yang akan disambut ARIF AFANDI Wakil Walikota Surabaya dan pengurus Masjid Ampel. Presiden dijadwalkan memberikan sambutan dalam sholat Jumat tersebut.

Usai shalat Jumat, Presiden langsung menuju Bandara Juanda untuk melanjutkan perjalanan menuju Denpasar Bali.

Jembatan Suramadu adalah jembatan terpanjang di Indonesia saat ini, yang menjadikannya salah satu landmark dan ikon Indonesia, khususnya masyarakat Jawa Timur. Jembatan Suramadu memiliki panjang 5.438 m dan menghubungkan pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan).

Pembangunan jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di pulau Madura, meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi di Madura, yang relatif tertinggal dibandingkan kawasan lain di Jawa Timur.

Jembatan ini diresmikan pembangunannya oleh Presiden MEGAWATI SOEKARNOPUTRI pada 20 Agustus 2003. Jembatan Suramadu terdiri atas tiga bagian yaitu causeway, approach bridge dan main bridge. Perkiraan biaya pembangunan jembatan ini adalah Rp4,5 triliun.(ant/ipg)

Teks Foto:
- Jembatan Nasional Suramadu
Foto: Dok. Info Suramadu