-->

Manfaat Bermain Pokemon Go bagi kesehatan

 Manfaat Bermain Pokemon Go bagi kesehatan



Sejak diluncurkan awal Juli 2016, Pokemon Go menyedot banyak perhatian. Kini aplikasinya sedang ramai diunduh oleh lelaki maupun perempuan.

Bekerja sama dengan Niantic, permainan keluaran Nintendo ini berbasis augmented reality, atau teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan atau pun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.

Di permainan ini, Anda akan diminta untuk mencari banyak jenis Pokemon. Gawai yang Anda pakai akan terhubung dengan peta dan kamera, sehingga permainan ini akan mendeteksi di mana Anda berada.

Jatim Tech melansir, jika Pokemon yang akan ditangkap tersebut termasuk makhluk yang tinggal di perairan, maka Anda juga harus mencarinya di kawasan berair, seperti sungai, selokan, bahkan kamar mandi. Begitu juga, dengan Pokemon jenis lainnya. Ini yang membuat permainan Pokemon Go terlihat menarik.

Beragamnya tempat berburu Pokemon membuat Anda harus sering keluar rumah, mengeksplorasi berbagai tempat demi mengumpulkan poin dan menaikkan peringkat Anda sebagai pemain.

Dari segi kesehatan tubuh, permainan ini tentu saja menguntungkan. Beberapa keuntungannya adalah sebagai berikut.


Cegah stroke



Tanpa disadari, Anda bisa sudah berjalan berkilo-kilometer demi mengejar kenaikan peringkat. Seperti yang kita ketahui, berjalan kaki banyak manfaatnya bagi tubuh. Antara lain menurunkan berat badan, menurunkan tekanan darah tinggi hingga menjaga kesehatan jantung dan mencegah stroke.

Banyak yang menganggap aplikasi Pokemon Go bahkan lebih sukses membuat orang berjalan lebih jauh ketimbang Fitbit, aplikasi yang dapat menghitung jarak jalan, detak jantung hingga jam tidur seseorang.

Tidur lebih nyenyak


Anda juga bisa berburu Pokemon ke tempat-tempat yang lebih jauh dengan menggunakan sepeda. Selain membuat Anda bepergian lebih jauh dan cepat ketimbang berjalan kaki, sepeda juga dapat mencapai tempat-tempat sempit yang tak terjangkau mobil.

Lagipula, Anda tak memainkan permainan ini dengan berkendara lebih dari 30km/jam. Selain berbahaya karena dapat memecah konsentrasi, untuk mencapai pos (Pokestop) Anda juga diharuskan berada sedekat mungkin dengan pos tersebut.

Mengayuh sepeda minimal 20 hingga 30 menit sehari dapat membuat seluruh otot tubuh lebih kencang. Otot yang bekerja lebih banyak dan lepasnya kortisol atau hormon stres dalam tubuh akan membuat Anda merasa lebih cepat mengantuk dan tidur lebih tenang dan nyenyak.


Membuat bahagia



ATTN melansir, Pokemon Go dapat melepaskan stres. Hal ini terjadi karena untuk memainkannya, Anda perlu keluar dari kamar atau rumah dan berjalan berkeliling lingkungan, maupun bepergian ke tempat yang lebih jauh lagi.

Sebuah studi di 2015 menyatakan, sekelompok orang yang berjalan di alam terbuka selama kurang lebih 90 menit dapat mengurangi bahkan melenyapkan pikiran negatif, membuat pikiran lebih tenang dan bahagia.

Bermain Pokemon Go memang banyak manfaatnya, Forbes pun menuliskan bahwa permainan ini cukup menyenangkan dan layak untuk dicoba.

Namun konsentrasi tetap dibutuhkan. Jangan sampai karena pandangan lekat ke layar gawai, Anda jadi membahayakan nyawa. Buzzfeed melansir, mulai banyak kecelakaan yang terjadi akibat tak memerhatikan keadaan sekitar ketika bermain Pokemon Go. Mulai dari jatuh terperosok, dicurigai tetangga karena menerobos halaman tanpa izin, hingga kecelakaan mobil beruntun karena memainkan Pokemon Go sembari menyetir.