-->

MENULIS ARAB DI HP

 الكتابة العربية في حنفون

Mau bisa nulis Arab di Hp?
Atw sekedar ingin belajar tulisan/ huruf2 bacaan arab di Hpmu?? Gampang ko..(إنشاء الله),Tapi cara ini harus dilakukan lewat Computer, sebab yg akan dirubah itu menyangkut Software, yaaa dibilang gampang juga tidak si, butuh pengorbanan (ga sampe jiwa-raga ko..). Modalnya :
1. KOMPUTER 2. APLIKASI PENDUKUNG. SOFTWARE HP YG SESUAI HPmu. Dan...... 3. DOA KEDUA ORANG TUA (eh.. ini perlu jg loch.. Biar hidup berkah, he,he,he ga nyambung yach...). hehehehehehehee......just intermezo dikit....
begini ceritanya:.....

MENAMBAH BAHASA (ARAB KHUSUSNYA) KE HAPE SE

siapkan beberapa perangkat seperti;
1.aplikasi Flashing XS++ atau aplikasi flasing lainnya 2.Driver flash EPI USB (driver "flash" buat mengkoneksikan driver Hp ke PC -perlu diketahui driver Flash beda dengan driver bawaan dari paket CD instalasi Hp atau PC suite) 3.dunlud file arsip " ar.t9 " (file .lng file pendukung tulisan - ar=arab) 4.Customize.xml (file pendukung buat mengkostumisasikan bhs arab agar dapat menyatu dengan sistem costumize di yg sesuai dengan CDA APAC hp khusus Asia - CDA APAC= File firmware pack yg mendukung bahasa,tulisan yg khusus untuk wilayah APAC (Asia-Pasifik) Hp)

OPERASIONAL INSTALASI FLASH DRIVE "EPI USB" :

OPERASIONAL INSTALASI FLASH DRIVE "EPI USB" :
  • 1.Pasang Kabel data "DCU-60 / DCU-65 ke komputer.
  • 2.Pasangkan HP ke Kabel DCU td dengan cara : (ini penting agar HP terdeteksi sbg "FLASH DRIVER" bukan disk Drive atau Storage Device) " sebelum mencolokan kabel data DCU, tekan dahulu tombol " C " (tombol fungsi untuk meng-Clear/menghapus) di keypad HP, sambil menekan tombol C colokan Kabel DCU ke HP (Jaga jangan sampai HP anda menyala akibat terdeteksi PC sebagai Storage/disk, jika terjadi langsung mendeteksi ulangi lagi langkah menekan c) jika langkah menekan C lalu mencolokan Kabel DCU telah benar,HP tidak akan menyala walau kabel telah dimasukan, dan akan keluar notifikasi di PC untuk meminta instalasi "FLAS DRIVER"
  • 4. Karena PC mendeteksi perangkat Flash Drive HP anda belum terinstall, maka install FLASH DRIVE, arahkan ke folder dimana anda meletakan file Driver Flash "EPI USB" tadi. (Jangan lepas tombol C, bila instalasi belum selesai)
  • 5. Jika Proses Benar, maka PC menotifikasi Proses instalasi selesai
  • 6. Cabut Kabel DCU dari HP

OPERASIONAL PENAMBAHAN HURUF BAHASA ARAB KE HP:

  • 1. Jalankan Aplikasi XS++
  • 2. Pasang Kabel DCU ke HP dengan cara seperti diatas ( Menekan Tombol C sebelum aplikasi XS++ mendeteksi HP) Hal ini dimaksudkan agar PC tidak dapat mendeteksi HP anda, tapi hanya dapat terdeteksi oleh aplikasi XS++) Jika langkah anda benar maka:...
  • 3. Aplikasi XS++ akan Mendeteksi HP anda dengan cara Manual, yaitu : click tombol "CONNECT" pd aplikasi XS++ (Letaknya ada diatas kanan) maka aplikasi XS++ akan langsung mendeteksi data-data system software yg ada didalam HP anda. (hasil pendeteksian seperti ; Jenis Platform ,OTP CID, EROM CID, IMEI, REGION, CDA, FIRM VERSION, EROM ect.......) Jika sudah terdeteksi barulah boleh melepas tombl "C"
  • 4. Disinilah Tahapan Awal Flashing Driver HP (dalam rangka penambahan Huruf Arab)akan dimulai.
  • 5. Untuk Memasukan file-file pendukung Tulisan Arab : Klick tombol/box "FLASH FX" (FX = File Xploring) yg ada dideretan tab bawah (box fungsi2 operasional flashing) Aplikasi XS++ akan menjabarkan data-data file-file penting di dalam software hp. tunggu sampai proses penjabaran (Xplorasi file) selesai.
  • 6. Setelah File system terexplore (terjabarkan), maka akan nampak direktori utama file system dari HP Sony Ericsson secara umum, rata2 isinya sbb ; 1. IFS 2. QUEUE 3. SYSTEM 4. TPA
  • 7. Masukan file Customize.xml yg telah dipersiapkan. Masukan pd direktori : tpa - preset - custom.
  • 8.Masukan file '' ar.t9 '' pd direktori : tpa - preset - system - language. Pd direktori language akan terdapat kombinasi file-file bahasa sbb : 1. Allowed language.txt 2. en.t9 3. id.lng 4. lng.dat 5. lng.lst 6. ms.lng 7. tl.lng 8. User cdb.t9 9. Vi.lng 10. Wdb.t9 11. Zs.lng 9. Sebelum memasukan file '' ar.t9 '', hapus dahulu beberapa file yg terdapat di direktori language, yaitu ; 1. Allowed language.txt 2. lng.dat 3. lng.lst
  • 10. Setelah mengupload (memasukan) file ar.t9. Maka file tulisan Arab telah masuk kedalam system hape.
  • 11. Setelah selesai klick Tombol Shutdown (pada XS++) agar operasional berjalan dengan baik
  • 12. Selesai. Wallahu 'alam bishowab.

    Menulis Arab Di Handphone NokiA

    "....Wah… Hapenya hebat, bisa nulis sms pake bahasa arab, pasti hape dari arab yah..? Atau pake aplikasi tambahan yah?...."

    Begitulah komentar dari beberapa teman saya ketika menerima pesan singkat yang menggunakan huruf arab. Sebenarnya ada beberapa cara agar handphone kita (terutama nokia yang beroperasi sistem symbian) dapat menulis arab, diantaranya caranya adalah :
    Beli handphone langsung di arab atau keluaran langsung dari Eropa yang mayoritas firmware pada handphone disana sudah dilengkapi software berbahasa arab, baik bahasa arab sebagai bahasa telepon (menu dll) maupun bahasa arab untuk tulisan (write text). Handphone jenis ini di Indonesia sering disebut sebagai HP BM (Black Market) yaitu handphone yang dijual secara tidak resmi (ilegal) dengan tidak melewati prosedur impor yang normal atau tidak melewati distributor resmi Indonesia. Handphone jenis ini bisa juga kita beli langsung pada saat kita sedang berkunjung kedaerah sana.
    Install software (firmware) tambahan bahasa arab di Dealer atau Nokia Care Point atau bisa juga di counter-counter handphone yang menyediakan software (firmware) bahasa arab tersebut, sepertinya agak jarang menemukan counter yang telah menyediakan software bahasa arab, mungkin di Roxy ada Menggunakan aplikasi tambahan untuk menulis arab. Untuk yang satu ini coba ditanyakan saja langsung kepada Om Google, karena jika kita mengikuti forum-forum handphone, maka akan kita temukan aplikasi tersebut. Atau bisa dicari juga di www.getjar.com, tapi aplikasi dari getjar tidak freeware melainkan shareware atau trial, jadi ada waktunya aplikasi tersebut tidak dapat beroperasi lagi melainkan harus beli.
    Cara yang terakhir adalah dengan menambahkan file bahasa arab di system handphone kita. Untuk yang keempat ini, setelah saya test, ternyata hanya berfungsi di handphone Nokia Operating System (OS) 8.X, seperti Nokia 6630, 6680, dan N70.
    Untuk Point 1 dan 2, saya rasa tidak perlu dibahas didalam tulisan ini, adapun untuk Point 3 dan 4, saya akan uraikan sedikit didalam tulisan ini.

    Menulis Arab di Handphone Symbian OS 6 atau S60 V.1 dan V.2

    Cara Pertama :
    Handphone yang mendukung cara ini adalah : Nokia: 3230, 3600, 3620, 3660, 6260, 6600, 6620, 6630, 6670, 6680, 6681, 6682, 7610, N70, N72, N90 ; Samsung: SGH D720 ; Siemens: SX1
  • 1. Pertama siapkan aplikasi file explorer di handphone, disini saya telah menyiapkan aplikasi tersebut, silahkan download lalu install di handphone anda : FExplorer V.1.16 atau X-Plore V.1.22 (saya rekomendasikan memakai aplikasi X-Plore ini). Jika sebelumnya di handphone anda pernah meng-install Arabic Application dan Psiloc Erecorder, maka hapus terlebih dahulu aplikasi tersebut.
  • 2.Download file “Arabic S60.rar” melalui PC (biar mudah, karena saya upload di Ziddu.com), lalu Extract file tersebut dan Copy dua file didalamnya ke Handphone, melalui kabel data atau bluetooth. Dari handphone, Install terlebih dahulu file “Psiloc Erecorder v164.sis”, setelah selesai proses instalasi, lalu jalankan aplikasi Extended Recorder yang tadi telah di-install, lalu pilih yes dan tutup aplikasi tersebut.
  • 3. Kemudian install file “Psiloc Arabic.sis“, setelah selesai proses instalasi, lalu jalankan aplikasi “Arabic/Farsi On Symbian” yang baru di install.
Proses selesai… Baiknya restart handphone anda. Jika memungkinkan, anda juga dapat melakukan proses instalasi dua file tersebut melalui bantuan PC Suite, intinya terserah anda memilih cara yang mana yang paling mudah.
Untuk menulis arab, melalui menu “Pesan Baru” pada layar “sms baru” pilih Tombol Edit yang berbentuk pensil - pilih “Arabic Enable”, selesai deh.
Cara ini telah ana test di Nokia 6600 dan berhasil. Adapun letak huruf arabic di keypad adalah sebagaimana pada gambar dibagian bawah tulisan ini.

Cara Kedua :

Handphone yang mendukung cara ini adalah : Nokia S60 V.2 atau OS 8.0 dan 8.1, seperti : Nokia 6630, 6680, 6681, N70, N72, N90, dll.
  • 1. Pertama siapkan aplikasi file explorer di handphone, disini saya telah menyiapkan aplikasi tersebut, silahkan download lalu install di handphone anda : FExplorer V.1.16 atau X-Plore V.1.22 (saya rekomendasikan memakai aplikasi X-Plore ini).
  • 2. Setelah itu Buka aplikasi X-Plore tersebut, buat folder baru dengan nama “Multitap” (tanpa tanda kutip) di dalam “phone memory” atau drive “C” - “System” – “Data” atau singkatnya C:/system/data/ Lalu copy file bahasa arab “PtiArabic.rsc” (yang dapat didownload DISINI) ke dalam folder multitap tersebut. Maka hasilnya menjadi C:/system/data/multitap/PtiArabic.rsc , kemudian setelah itu restart handphone anda.
NB:
Untuk menulis arab, masuk ke “Pengaturan” – “Telepon” – “Umum” – pada “Bahasa Tulisan” pilih “Arabic”. selesai, jadi ketika kita mau mengetikkan sesuatu maka bahasa tulisannya adalah Arab. Atau bisa juga melalui menu “Pesan Baru” pada layar sms baru pilih Tombol Edit yang berbentu “Pensil” – “Bahasa Tulisan” – pilih “Arabic” selesai.
Untuk Nokia N70 dan 6630 telah saya coba dan Alhamdulillah berhasil, untuk yang lainnya silahkan teman-teman coba dan jangan lupa beri komentar.
[h3]Menulis Arab di Handphone Symbian OS 9 atau S60 V.3[/h3] Handphone yang mendukung cara ini adalah : Nokia: 3250, 5500, 5700, 6110 Navigator, 6120c, 6290, E50, E51, E52, E60, E61, E61i, E62, E65, E66, E70, E71, E90, N71, N73, N75, N76, N77, N78, N80-1, N81, N81 8GB, N91, N92, N93, N93i, N95, N95 8GB, N96
Untuk menginstall aplikasi menulis arab yang saya sertakan ini, handphone anda harus terlebih dahulu harus di hack agar dapat menerima/menginstall aplikasi unsigned atau tak bersertifikat dari, atau bisa juga meminta sertifikat handphone anda kepada situs www.opda.cn (bahasa cina). Untuk kejelasan bagaimana cara install aplikasi unsign silahkan lihat disini (jadi member dulu). Namun insya Alloh saya akan membahas secara tersendiri tentang cara atau proses menginstall aplikasi unsigned.
Disini saya hanya menyertakan aplikasi untuk menulis Arab (Full bukan Trial/Demo/Shareware) pada tipe handphone sebagaimana tersebut diatas. DOWNLOAD DISINI. Untuk tahapan proses instalasinya, akan menyusul kemudian (Insya Alloh)… jadi tunggu tanggal mainnya.
SUMBER:
izkahubb.wordpress.com