-->

Upgrade prosesor dan RAM pada laptop lama


Laptop lama yang saya punyai adalah laptop lama dengan spesifikasi yang untuk ukuran sekarang tergolong low end, ini bisa terlihat dari spesifikasi awal laptop tersebut yaitu:
merk laptop Optima Centoris G200N, OS Windows XP Professional (SP 2)
prosesor Pentium M 1,5 GHz (kira-kira performanya setara dengan Pentium 4 2,4 GHz), DDR SDRAM 512 MB PC2700 (bisa ditingkatkan maksimal 2 GB), VGA Intel Extreme Graphics 2.
laptop tersebut kalau sedang digunakan multitasking (misalnya membuka 2 browser berbeda dan multimedia player sekaligus) sering nge-lag, dan dengan prosesor Pentium M 1.5 GHz tersebut saya kira masih kurang untuk memenuhi kebutuhan komputasi di era sekarang, seiring perkembangan waktu software-software terbaru membutuhkan prosesor yang lebih bertenaga, misalnya saja seperti software antivirus, editing gambar, multimedia player, flash player, dll.
untuk itulah timbul keinginan saya untuk mengupgrade laptop saya tersebut, biar performa lebih terdongkrak (meningkatkan kemampuan).
dari browsing-browsing saya menemukan bahwa prosesor dan RAM laptop untuk kebutuhan upgrade tersebut bisa saya dapatkan cukup murah di situs Ebay. lihat saja, harga satu buah prosesor Pentium M 1,7 GHz (kira-kira performanya setara dengan Pentium 4 2,8 GHz), harga total berikut onkir adalah sekitar $11 saja.
harga 1 buah RAM SODIMM Kingston 512 MB PC2700 adalah cukup ditebus 10$ saja (gratis ongkos kirim).
akhirnya saya putuskan untuk membeli di Ebay, jadi seluruh biaya upgrade cuma habis total sekitar 20$ saja, atau kalau di Rupiah-kan sekitar 200 ribu Rupiah. :)
untuk biaya bongkar pasang laptop saya anggap tidak ada, karena saya kerjakan sendiri. untuk lebih detailnya silakan simak posting saya yang berjudul –>> Pengalamanku membeli barang di ebay
lalu bagaimana cara saya mendapat uang untuk membeli barang di Ebay? nah untuk membeli barang di Ebay itu, kita butuh rekening Paypal yang sudah terisi oleh duit Dollar $$ dengan saldo yang mencukupi,  silakan simak blog saya lainnya dengan klik DISINI, yang membahas beragam cara untuk mencari duit dollar $$ yang hasilnya bisa ditampung di rekening Paypal yang kita punya.
dibawah ini adalah foto saat saya membongkar laptop untuk upgrade prosesor:

untuk melepas prosesor dari dudukannya maka terlebih dahulu kita membuka kunci soket prosesor, putar sekrup pengunci dengan obeng berlawanan arah jarum jam sampai full. kalau misalnya prosesor masih sulit dilepas dari soket, maka itu tandanya kunci soket belum diputar sampai full.

sekalian heatsink (pendingin) prosesor dibersihkan dari tumpukan debu, biar laptop tidak mudah cepat panas.

lalu prosesor pengganti dipasang ke soket, prosesor tersebut tidak saya beri thermal pad tapi saya ganti dengan olesan minyak goreng :)

dibawah ini adalah foto-foto saat saya membuka penutup RAM dibawah laptop untuk upgrade kapasitas memory RAM pada laptop, RAM pada laptop:

performa akhir; dengan prosesor yang lebih kencang yaitu Pentium M 1,7 GHz dan kapasitas RAM yang lebih lega yaitu 768 MB. saya merasakan sudah ada peningkatan performa, dan tidak ada lag seperti yang saya alami sebelumnya. ternyata upgrade laptop itu tidak harus mahal alias murah dan tidak pula harus menguras kantong. untuk laptop lama kemungkinan harga sparepartnya sudah cukup terjangkau. jadi kalau upgrade pada laptop lama kemungkinan tidak akan makan banyak biaya.